Polsek Tegallalang Sambangi Upacara Ngaben di Desa Kedisan



Gianyar. Polsek Tegallalang melaksanakan kegiatan sambang kepada warga masyarakat yang melaksanakan upacara Ngaben. 


Dalam sambang yang dilaksanakan Polsek Tegallalang juga melaksanakan kegiatan sosial dalam bentuk penyerahan punia atau Atos kepada warga Br. Adat Ked Taro dan Br. Kebon Kedisan Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar yang melaksanakan upacara Pitra Yadnya Atiwa – Tiwa atau Ngaben Kolektif. Kamis (18/8/2022) kemarin.


Penyerahan punia dilaksanakan Kapolsek Tegallalang AKP I Ketut Sudita didampingi Bhabinkamtibmas Bripka I Made Wartu dan anggota Polsek Tegallalang lainnya.


Kapolsek Tegallalang menyampaikan puncak ngaben kolektif Br. Ked dan Br. Tangkas dilaksanakan Kamis (18/8) di Setra Adat Ked Setra Adat Kebon yang dihadiri krama pengarep dan banjar adat, prosesi dipuput Jro Mangku Dalem. Sawa yang dipreteka masing – masing br. adat meliputi Banjar Ked 32 sawa dan Banjar Kebon 22 sawa. Sarana petulangan berupa peti, gajah mina dan lembu ukuran kecil.


Dalam kegiatan sosial ini Kapolsek Tegallalang menyerahkan punia atos kepada masing – masing br.Adat berupa 1 karung beras dan 5 dus air mineral kemasan yang yang diterima oleh Kelihan Adat dan Bendesa , didampingi Prajuru lainnya.


Prajuru Br.Ked dan Kebon menyampaikan apresiasi yang setingi tingginya atas kepedulian jajaran Kepolisian khususnya Polsek Tegallalang untuk membantu dan meringankan beban krama adat.


AKP I Ketut Sudita menyampaikan telah menyeprinkan anggota untuk membantu kelancaran prosesi ngaben dengan maksimal. “Kami tidak henti – hentinya agar prajuru menyampaikan ke warga desa adat tetap memperhatikan prokes covid 19,dalam setiap rangkaian kegiatan demi keselamatan bersama,”jelasnya.  *

Post a Comment

Previous Post Next Post