Simulasi Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2023



Gianyar - Bertempat di Banjar Adat Gagah, Desa Tegallalang, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Personel Koramil 1616-06/Tegallalang melaksanakan kegiatan Latihan Simulasi Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2023. Rabu (26/4/23).


Hadir dalam kegiatan Latihan Simulasi tersebut Camat Tegallalang, Ni Wayan Ari Trisna Handayani, SSTP.,Msi., Danramil 1616-06/Tegallalang, Kapten Chb. I Wayan Suargita, Kapolsek Tegallalang, AKP A. A Gede Alit Sudrama S.H., M,H., Personel Koramil 1616-06/Tegallalang, Personel  Polsek Tegallalang, Personel Tim PRC Tegallalang dan Personel PMI Puskesmas Tegallalang. 


Bencana alam terjadi secara tiba-tiba tanpa bisa diprediksi oleh manusia. Dengan mengetahui bahwa bencana alam belum bisa diduga secara ilmiah, perlu dilakukan usaha mengurangi resiko akibat yang ditimbulkan bencana alam. Salah satu faktor utama penyebab timbulnya banyak korban akibat bencana seperti gempa bumi adalah karena kurangnya pengetahuan tentang bencana dan kesiapsiagaan bencana terutama gempa bumi. Oleh karena itu, sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana gempa bumi di lingkungan masyarakat, yang rentan bencana serta kesiapsiagaannya sangat penting untuk menghindari atau memperkecil risiko menjadi korban.


Danramil 1616-06/Tegallalang, Kapten Chb. I Wayan Suargita menyampaikan tujuan dari kegiatan simulasi gempa bumi adalah untuk melatih kesiapsiagaan masyarakat tentang bagaimana mengambil sikap dan tindakan ketika menghadapi bencana gempa bumi. Dengan diadakannya simulasi ini, dapat memelihara kesiapsiagaan Personel maupun Material dalam penanggulangan bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi di wilayah Kecamatan Tegallalang. 


Dengan adanya simulasi gempa bumi, dapat meminimalkan adanya korban jiwa yang terenggut dalam suatu kejadian bencana alam. Masyarakat menjadi lebih paham tentang apa yang harus dan tidak boleh dilakukan saat terjadinya bencana alam."pungkasnya.  ***

Post a Comment

Previous Post Next Post