Dukung Program Pemerintah Pengelolaan Pemanfaatan Lahan, TNI AL Tanam Bibit Pohon


Tolitoli-Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam pengelolaan pemanfaatan lahan guna menjamin ketersediaan bahan pangan, TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pangkalan TNI AL (Lanal) Tolitoli melaksanakan penanaman bibit-bibit pohon pada lahan milik TNI AL di Dusun Momunu, Desa Lingadan, Kecamatan, Tolitoli Utara, Kab. Tolitoli, Rabu (31/01).


Dalam kegiatan yang dipimpin oleh Komandan Lanal (Danlanal) Tolitoli Letkol Laut (P) Alpirut Yani Musa Samban, S.E., M.Tr.Opsla, prajurit TNI AL melaksanakan pembersihan, pemasangan plang TNI AL, yang bertujuan agar tidak ada pihak-pihak yang mengklaim kepemilikan lahan tersebut. Selanjutnya para prajurit melaksanakan penanaman puluhan pohon yang terdiri dari pohon durian, alpukat, mangga dan kelapa di lahan tersebut.


Pada kesempatan yang sama, Danlanal beserta para prajurit Lanal Tolitoli juga melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) kepada nelayan setempat untuk mengetahui problem yang ada. Kegiatan ini dimaksudkan untuk terciptanya hubungan komunikasi yang baik dengan masyarakat nelayan di wilayah kerja Lanal Tolitoli.


Kegiatan ini bertujuan untuk mensukseskan program ketahanan pangan pemerintah dan mengimplementasikan kegiatan pembinaan kepada masyarakat yang berkaitan dengan potensi maritim dengan harapan dapat membantu pemerintah daerah dalam upaya menyejahterakan masyarakat terutama masyarakat pesisir, yang pada akhirnya akan membangun ketahanan masyarakat secara nasional. 


Melalui program ini, TNI AL bertekad untuk mengambil bagian dengan tindakan nyata dalam membina masyarakat pesisir dan kepulauan serta membangun kemanunggalan dengan rakyat dalam upaya-upaya memecahkan berbagai permasalahan serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat pesisir dan kepulauan, khususnya dalam bidang ekonomi, kesehatan, edukasi maupun pertahanan.


Selanjutnya Danlanal beserta para prajurit Lanal Tolitoli melaksanakan patroli melalui laut menuju  Pulau kecil tak berpenghuni yaitu Pulau Salando yang merupakan bagian dari Desa Kapas, Dakopemean, Tolitoli. Pada Pulau tersebut dilaksanakan penggantian bendera merah putih dan pengecatan tugu. 


Sebelumnya pada Rabu (24/01) Lanal Tolitoli juga melaksanakan kegiatan patroli di Pulau Dolangan. Sebuah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi. Pulau ini merupakan bagian dari daerah Desa Santigi, Kecamatan Tolitoli Utara, Kabupaten Toli-Toli, provinsi Sulawesi Tengah.


Dalam kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali sangat mengapresiasi kepedulian Lanal Tolitoli sebab di berbagai kesempatan prajurit TNI AL untuk selalu berperan aktif secara profesional dalam setiap kesempatan sebagai salah satu perwujudan tugas TNI AL, sehingga keberadaan prajurit TNI AL dapat bermanfaat bagi masyarakat sekelilingnya. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post