Ciptakan Rasa Aman dan Nyaman, Babinsa Kodim 1626/Bangli Pantau Jalanya Prosesi Upacara Ngaben

 


Bangli - Berbagai upacara yang dilakukan umat Hindu di Bali salah satu diantaranya adalah Upacara Ngaben yang merupakan wujud bhakti umat Hindu kepada seseorang yang telah meninggal dunia dan sebagai penghormatan terakhir dilaksanakan dengan Upacara Ngaben.


Untuk melancarkan jalannya prosesi upacara Ngaben, Almarhum Ide Pedande Istri Ayu Sidemen, di Banjar Adat Brahmana Bukit, Kelurahan Cempaga, Kecamatan Bangli. Babinsa Kelurahan Cempaga Sertu I Nengah Artawan bersama petugas terkait melakukan pemantauan dan pengamanan terhadap Upacara Ngaben sekaligus edukasi penerapan prokes 3M di masa pandemi Covid-19. Minggu (3/4/2022).


Selain melakukan pemantauan, Babinsa juga memberikan imbauan mengenai protokol kesehatan dalam Pandemi Virus Corona atau COVID-19 dengan tujuannya untuk mengantisipasi agar virus yang telah menjangkiti puluhan orang di Bali itu tak semakin meluas.


Pada kesempatan itu, Babinsa juga mengimbau agar krama desa yang mengikuti prosesi pengabenan tetap memperhatikan protokol kesehatan tentang pencegahan penyebaran Covid 19 seperti meminimalisir kehadiran warga, menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, memakai masker, dan menjaga jarak.


Sementara itu, Dandim 1626/Bangli Letkol Arh Sutrisno, S.Sos. mengatakan segala kegiatan yang ada di Desa Binaan diharapkan bisa hadir guna memberikan pelayanan kepada warga masyarakat, dengan hadirnya Babinsa maka warga masyarakat merasa aman dan nyaman serta untuk mencegah terjadinya gangguan yang tidak diinginkan agar pelaksanaan ngaben dapat berjalan dengan aman dan lancar


Lebih lanjut dikatakan, pemantauan dan pengamanan ini merupakan tanggung jawab petugas keamanan dalam hal ini Babinsa untuk mengecek langsung pelaksanaan ngaben agar dapat menerapkan prokes secara ketat.

Post a Comment

Previous Post Next Post