PERINGATI HARI BHAKTI PEMASYARAKATAN KE -58 TAHUN 2022 KANWIL KEMENKUMHAM BALI GELAR DONOR DARAH



BADUNG – Kamis (24/3) Dalam memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke – 58 Tahun 2022, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali menggelar kegiatan Donor Darah Petugas Pemasyarakatan. Kegiatan Donor Darah Petugas Pemasyarakatan ini dilaksanakan secara serentak diseluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali. Khusus pada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan se-Wilayah Denpasar – Badung, kegiatan Donor Darah Petugas Pemasyarakatan dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kerobokan dengan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Badung. “Kegiatan Donor Darah Petugas Pemasyarakatan merupakan wujud kepedulian terhadap sesama dan wujud solidaritas sosial serta merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena masih diberikan kesehatan lahir dan bathin” Ucap Kepala Divisi Pemasyarakatan Gun Gun Gunawan.


Dari 44 peserta donor darah, yang memenuhi syarat untuk dilakukan donor darah sebanyak 30 orang dan 14 orang tidak memenuhi syarat donor darah dikarenakan HB yang rendah, memiliki riwayat jantung, hipertensi dan tekanan darah rendah. 30 peserta donor darah tersebut terdiri dari 24 Orang Lapas Kerobokan, 3 Orang dari Lapas Perempuan Kerobokan, 2 Orang dari Rupbasan Denpasar dan 1 Orang dari Divisi Pemasyarakatan. Pada kesempatan tersebut turut hadir juga Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan RI Muji Raharjo Drajat Santoso. Palang Merah Indonesia memberikan apresiasi berupa sertifikat ucapan terima kasih yang diserahkan langsung kepada Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan RI yang didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan. Pada Kesempatan yang sama Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi menyampaikan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-58 yang nanti kan jatuh pada 27 April 2022. "Kegiatan donor darah tidak hanya dilakukan hari ini saja melainkan berkesinambungan dan sesuai dengan kebutuhan, jika diperlukan maka akan segera  dilaksanakan kegiatan donor darah ini," terang Muji saat meninjau lokasi kegiatan.


Ka Kanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk menyampaikan bahwa Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-58 tahun 2022 ini menjadi momentum penting seluruh jajaran Pemasyarakatan untuk makin mengukuhkan komitmennya dalam mencapai tujuan Pemasyarakatan. “Berbagai pembenahan yang terus dilakukan jajaran Pemasyarakatan dihadapkan pada berbagai tantangan.” Ujar Jamaruli Manihuruk. Berbekal tata nilai Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, Inovatif (PASTI) yang dijunjung seluruh pegawai Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia serta Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju, yaitu deteksi dini, berantas narkoba, dan sinergi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) lainnya, jajaran Pemasyarakatan terus berperang melawan peredaran narkotika dan melaksanakan program pelaksanaan prinsip dasar Pemasyarakatan (Back to Basics).  “Melalui Kegiatan Donor Darah ini diharapkan dapat memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang membutuhkan transfusi darah, setetes darah yang didonorkan dapat membantu nyawa orang lain” Tutup Jamaruli Manihuruk.

Post a Comment

Previous Post Next Post